Riset Pasar untuk Optimalisasi Pendapatan

[IMG:hh.jpeg]

Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat dan Majalah PR Indonesia akan menggelar Workshop School of Media Management (SoMM) Batch 14 bertema “Strategi Optimalisasi Revenue Media Melalui Riset Pasar”. Acara ini akan dilangsungkan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Jambore Media dan PR Indonesia (JAMMPIRO), di Harris Hotel Sunset Road, Kuta, Bali, Rabu – Kamis, 10 – 11 Juni 2015 mendatang.

Tema di atas sengaja dipilih sebagai bentuk respons SPS Pusat atas pentingnya riset bagi perusahaan media. Terlebih di tengah dinamika pasar produk media cetak saat ini. Kecermatan membaca situasi dan tren pasar termutakhir merupakan kata kunci bagi penentuan strategi mengoptimalisasi pendapatan media.

“Untuk itulah media membutuhkan data riset, baik riset yang dipasok oleh lembaga riset pasar independen maupun riset internal perusahaan media cetak bersangkutan. SoMM kali ini dirancang untuk membantu para praktisi media dalam merancang riset pasar dan menggunakannya untuk menaikkan revenue perusahaan,” kata Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan, di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Sejumlah narasumber ahli dalam bidang riset media dan marketing dijadwalkan hadir untuk mengisi acara workshop ini. Mereka adalah Irawati Soekirman (Managing Director Roy Morgan Indonesia), Baslir Djamal (Direktur Komersial Femina Group), dan Purnomo Soetadi (Executive Vice President PT. BNI (Persero) Tbk).

Narasumber tersebut akan menyampaikan materi mengenai membaca dan mengolah hasil riset secara efektif, memanfaatkan data riset untuk memperkuat produk dan penetrasi pasar, dan dinamika korporasi/lembaga memanfaatkan riset internal media untuk peningkatan reputasi.

Selama mengikuti worskshop, para peserta disamping dapat berdiskusi langsung dengan para narasumber juga akan mendapatkan kesempatan untuk berjejaring sosial dengan para praktisi public relations baik dari korporasi maupun agency dalam acara JAMMPIRO.

“JAMMPIRO merupakan sebuah forum yang akan mempertemukan praktisi Media dan PR dari seluruh Indonesia secara bersamaan dalam suasana yang unik, menggabungkan unsur-unsur gathering, training, social networking, dan summit,” ujar Asmono Wikan yang juga Pemimpin Redaksi Majalah PR Indonesia.

Workshop SoMM sangat direkomendasikan untuk  diikuti para pengelola media massa dengan kualifikasi Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Manager Iklan, Manajer Riset dan Pengembangan, Manager Marketing Communication, Manager Sirkulasi, dan Manager Promosi.

Berminat mengikuti workshop ini? Silakan buka dan unduh formulir pendaftarannya di www.spsindonesia.org atau http://id.somm.spsindonesia.org/. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SoMM Batch 14, silakan menghubungi Sekretariat SPS Pusat di nomor 021-3459671 dan 021-3811228 dengan Sdri. Dea Mustarina (0813 8079 2010). *** (nia/nif)